Ciptakan Jurnalis Profesional, IJO Kepri Laksanakan Pelatihan Rutin

71

KritisNews.com, Batam – Dalam program peningkatan sumber daya manusia dalam bidang Jurnalistik, Ikatan Jurnalis Online (IJO) Kepri melaksanakan pelatihan Jurnalistik secara rutin setiap bulan.

Kegiatan pelatihan Jurnalistik ini dilaksanakan setiap hari Sabtu, dimulai pukul 16.00 wib – 17.30 wib di Kantor IJO Kepri yang beralamat di Komplek Golden City, Pasar Cheng Ho Nomor 17-18 Bengkong Laut, sebagai instruktur atau pemateri Fery Hariyanto yang juga redaktur Haluan Kepri, dan sudah dimulai hari ini dengan 12 peserta, Sabtu (4/05/2019).

Pemateri Fery Hariyanto menjelaskan dalam pelatihan tersebut, membuat berita itu tidak sulit.

“Dalam membuat sebuah berita itu tidak sulit, kalau sudah mempunyai data dan itu adalah fakta, lengkapi 5 W dan 1 H, maka jadilah sebuah berita,” kata Fery.

Ketua IJO Kepri Indra Dinan menyampaikan, pelatihan Jurnalistik ini adalah salah satu program IJO Kepri dalam peningkatan sumber daya manusia dalam bidang Jurnalistik, tujuannya agar terciptanya Jurnalis yang profesional.

“Pelatihan Jurnalistik ini adalah salah satu program Ikatan Jurnalis Online Kepri, tujuannya untuk menciptakan Jurnalis yang profesional dalam membuat sebuah berita yang sesuai fakta dan data,”ujar Indra Dinan.

Indra Dinan juga menyampaikan, pelatihan Jurnalistik ini juga bertujuan mendukung program Dewan Pers dalam menjunjung tinggi kode etik Jurnalistik.

“Selain menciptakan Jurnalis yang profesional dalam membuat sebuah berita, kita juga memberikan pemahaman bagaimana menjunjung tinggi atau mentaati apa itu kode etik Jurnalistik, dan juga memahami Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pokok pers,”ungkap Indra Dinan yang juga Pimpinan kritisnews.com ini.

Indra Dinan menambahkan, IJO Kepri memberi kesempatan bagi siapa saja atau mahasiswa dan pelajar untuk mengikuti pelatihan Jurnalistik tersebut.

“Kami sebagai pelaksana membuka peluang atau memberikan kesempatan bagi siapa saja yang mau bergabung dalam pelatihan ini, terutama mahasiswa yang hobi menulis, silahkan datang ke sekretariat IJO Kepri,” imbau Indra Dinan. (Darma)