Kontak Erat dengan Pasien Positif Covid-19, Petugas Lakukan Testing, Tracing, dan Treatment kepada Enam Warga Bengkong

15
Keterangan gambar: Polsek Bengkong dan petugas Nakes Puskesmas Tanjung Buntung mendatangi rumah-rumah warga yang kontak erat terhadap pasien positif Covid-19, Sabtu (14/8/2021).

MetroNews.co.id, Batam– Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kepolisian Sektor (Polsek) Bengkong bersama petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tanjung Buntung melakukan 3T yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) kepada enam orang warga yang kontak erat terhadap pasien positif Covid-19.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Bengkong, AKP Bob Ferizal, mengatakan, kegiatan tersebut menindaklanjuti terkait masyarakat yang terpapar Covid-19.

“Kami (Polsek Bengkong) melakukan 3T yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) pemeriksaan kepada orang-orang dan tetangga yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien terpapar Covid-19 untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata AKP Bob kepada MetroNews.co.id, Senin (16/8/2021).

Selain itu, Bob menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan itu ialah untuk meminimalisir, mencegah, dan menekan serta memutus mata rantai agar penyebaran wabah Covid-19 tidak meluas kepada warga lainnya.

“Ini kami lakukan agar penyebaran Covid-19 tidak meluas kepada warga lain. Alhamdulillah, setelah dilakukan testing dan tracing (swab Antigen) oleh petugas tenaga kesehatan (Nakes), hasilnya negatif semua,” ujarnya.

Sebelumnya, Polsek Bengkong mendapatkan informasi bahwa salah seorang warga yang beralamat di Rukun Tetangga (RT) 05/Rukun Warga (RW) 06 Sarmen Raya, Blok Q, Nomor 08, Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Batam, positif Covid-19.

Keterangan Gambar: Polsek Bengkong dan petugas Nakes Puskesmas Tanjung Buntung melakukan pemeriksaan swab Antigen kepada warga yang kontak erat terhadap pasien positif Covid-19, Sabtu (14/8/2021).

Terhadap warga yang positif tersebut, telah dilakukan perawatan isolasi di Rumah Sakit (RS) Rujukan Covid-19, pada Jumat (13/8/2021).

Kemudian selanjutnya, pada Sabtu (14/8/2021) kemarin, Polsek Bengkong melalui Bhabinkamtibmas bersama Puskesmas Tanjung Buntung, langsung bergerak cepat melakukan testing, tracing, dan treatment kepada orang-orang dan tetangga yang pernah melakukan kontak langsung terhadap pasien positif Covid-19 tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Bengkong, AKP Bob Ferizal, mengimbau kepada masyarakat agar tetap berada dirumah dan selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Saya berpesan kepada masyarakat Batam dan Kepri umumnya, serta Bengkong khususnya, agar selalu patuhi Protokol Kesehatan Covid-19 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” ujarnya mengakhiri. (Ham)

SHARE