Meriahkan HUT ke-76 RI, Korem 033 WP Gelar Festival Budaya Tradisional Kepri

17
Keterangan Gambar: Festival budaya Layang-layang HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76 Tahun 2021 di Makorem 033/WP.

MetroNews.co.id, Tanjungpinang – Memeriahkan dan menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-76 Tahun 2021, Komando Resor Militer (Korem) 033/Wira Pratama (WP) menggelar beberapa festival budaya tradisional Kepulauan Riau (Kepri). Salah satunya yakni festival layang-layang di Markas Komando Resor Militer (Makorem) 033/WP.

Pelaksanaan festival layang-layang itu sudah terlaksana mulai tanggal 14 hingga 16 Agustus 2021, yang diikuti dari berbagai kalangan lapisan elemen masyarakat.

Komandan Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP), Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu, melalui Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 033/WP, Mayor Inf Reza Fahlevi, mengatakan, kegiatan itu sebagai bentuk apresiasi dalam memeriahkan Kemerdekaan Indonesia dan mengingat budaya-budaya dahulu sejak zaman dahulu.

“Ini untuk mengingatkan kita terhadap budaya-budaya yang sejak jaman dulu sudah ada, dan mengenalkan kepada anak-anak penerus bangsa bahwa betapa banyaknya warisan budaya di Indonesia ini. Selain itu, kegiatan ini untuk mewarisin nilai-nilai leluhur bangsa di antaranya peduli sesama, kreatifitas dan gotong-royong,” katanya.

Hal ini, lanjutnya, menuai harapan bagi penerus-penerus bangsa agar bisa melestarikan dan membudidayakan apa yang menjadi kebanggaan bangsa ini.

“Dengan harapan penerus-penerus bangsa kita bisa melestarikan dan membudidayakan apa yang menjadi kebanggaan bangsa ini,” ujarnya.

Dalam kegiatan memeriahkan dan menyemarakkan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76, Korem 033/WP tidak hanya melaksanakan festival layang-layang saja. Tetapi, banyak kegiatan festival lainnya yang akan dilaksanakan. Di antaranya Sanggar Tari, Padepokan Pencak Silat dan Komunitas Gasing.

“Mengangkat tema yakni Membentuk Sumber Daya yang Kreatif, Inovatif dan Adaftif, kegiatan ini diselenggarakan secara meriah bekerja sama dengan instansi dari TNI-Polri dan Pemerintah. Kegiatan akan berlangsung hingga hari Kamis mendatang yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Makorem 033/WP,” katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan di tengah pandemi itu, ia melanjutkan, bahwa, pihaknya telah mempersiapkan segala antisipasi terkait penyebaran penularan wabah Covid-19 yang saat ini belum berakhir.

Persiapan tersebut yakni pengecekan suhu tubuh sebelum masuk ke area pelaksanaan kegiatan, menggunakan masker selama berada di area, menyarankan sering mencuci tangan atau hand sanitizer yang telah disediakan, dan menjaga jarak satu dengan yang lainnya. (Ham)

SHARE