Sekda Imbau Masyarakat Terima Petugas Regsosek: Berikan Jawaban Benar dan Jujur

138

MetroNews.co.id, Batam-Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 52 Tahun 2022, untuk mendukung pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022, Kota Batam, mulai 15 Oktober-14 November 2022.

“Kami imbau agar masyarakat menerima kedatangan petugas Regsosek, serta berikan jawaban benar dan jujur,” ujar Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, Selasa (27/9/2022).

Sekda menjelaskan, Regsosek ini sebenarnya digelar Badan Pusat Statistik (BPS). Tujuannya mendukung terwujudnya Satu Data Indonesia yang akurat, tentang dinamika perubahan kesejahteraan sosial masyarakat.

“Dari data tersebut akan diolah menjadi informasi terkini tentang tingkat kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat, sehingga dapat dijadikan bahan perencanaan dalam menentukan kebijakan terkait perlindungan sosial. Makanya saya sebut ini penting,” terang Sekda berkumis tipis ini.

Di Kota Batam sendiri, Regsosek baru pertama kalinya digelar. Namun ke depan, Sekda akan melakukan pembaharuan data setiap tahunnya secara berkelanjutan.

“Tahap berikutnya dilakukan pemeringkatan, mulai dari warga yang paling miskin sampai yang tidak miskin. Hasilnya akan dikoreksi oleh aparat desa bersama masyarakat melalui Forum Konsultasi Publik (FKP),” ungkapnya.

Lebih lanjut, data hasil diskusi FKP merupakan data dasar yang akan diverifikasi dan divalidasi oleh kementerian/lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah. Hasil akhirnya menjadi data dasar (database) mutakhir dan lengkap mengenai kesejahteraan sosial ekonomi penduduk.

“Untuk itu, kami (Pemko Batam) menghimbau segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Batam untuk berpartisipasi aktif menyukseskan Pendataan Awal Regsosek 2022 ini,” ujar suami Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Batam Hj Hariyanti Jefridin itu.

Tak hanya itu, Sekda juga memerintahkan camat dan lurah membantu menyebarluaskan informasi terkait Pendataan Awal Regsosek 2022 dan memastikan setiap warga masyarakat di wilayahnya berhasil dikunjungi dan didata oleh petugas yang sudah terlatih.

“Sekali lagi kami imbau juga kepada seluruh elemen masyarakat Kota Batam, agar menerima kedatangan petugas Regsosek yang sudah terlatih dan dapat memberikan informasi yang benar dan jujur yang diperlukan sesuai kuesioner,” ingatnya.

Untuk informasi lebih lanjut, Sekda menyarankan dapat berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam. (**)

Sumber: Kata Batam