Tingkatkan Profesionalisme Personel, Polda Papua Gelar Latihan Pra Operasi Rastra Samara Kasih Cartenz T.A 2022

30

MetroNews.co.id, Papua-Untuk meningkatkan profesionalisme personel Polda Papua dalam pengamanan kewilayahan di Provinsi Papua, Polda Papua menggelar kegiatan Latihan Pra Operasi Rastra Samara Kasih Cartenz T.A 2022. Kamis, (3/2/2022) di hotel Mercure Kota Jayapura.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Melalui Bimtek Pelatihan Pra Operasi Rasaka Cartenz T.A 2022 Kita Tingkatkan Profesionalisme Personel Polda Papua Dalam Pengamanan Kewilayahan di Provinsi Papua”.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.Si., Karo Ops Polda Papua I Ketut Gede Wijatmika, S.I.K., PJU Polda Papua dan Kapolres Jajaran Polda Papua.

Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto dalam sambutannya mengatakan, untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di tanah Papua kita menggunakan strategi komunikasi dan dialog inklusif, Politik dan Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan Koordinasi dan kolaborasi dengan menggunakan model Kemanusiaan (martabat), Kesejahteraan (equality), Damai (Nir-Militer).

“Kita mengacu pada UU No. 2/2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Inpres No. 9/2020: 43 K/L Bagi Bang-sajah Papua/Pabar,” ujar Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto

Lanjut Wakapolda memaparkan, di dalam Inpress No. 9/2020 Poin 34 Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia memberikan dukungan pengamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam rangka percepatan pembangunan kesejahteraan di Prov. Papua & Papua Barat.

“Mendukung perubahan dalam penyediaan pelayanan dasar dan pelayanan Pendidikan dan Kesehatan di daerah terpencil, pedalaman, perbatasan negara, dan pulau-pulau kecil,” ungkap Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto.

Wakapolda juga mengatakan, Penjaga Bangsa Dengan Kasih di Tanah Papua Operasi Kepolisian Rasaka Cartenz mengambil dari Bahasa Sansekerta, yaitu “Rasaka (Rasta Samara Kasih) Cartenz”, yang secara harfiah memiliki arti; Rastra: Bangsa, Samara: Penjaga, dan Kasih yang memiliki arti rasa memiliki dan menyayangi, bagaimana memberikan yang terbaik untuk orang lain.

Lebih lanjut dijelaskannya, Sedangkan Cartenz diambil dari gunung Cartenz yang memiliki puncak tertinggi di Indonesia dan berada di Papua. Secara filosofi Rastra Samara Kasih Cartenz adalah penjaga bangsa dengan kasih di tanah Papua.

Polri memerlukan pendekatan strategis dalam menciptakan rasa aman bagi masyarakat Papua; Peranan Polri menggunakan dua model pemolisian Democratic Policing dan Community Policing sehingga membutuhkan variasi khusus sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat di Papua yang khas.

Kajian akan peran public service kepolisian dalam upaya membangun masyarakat Papua perlu dilaksanakan sebagai kontribusi kepolisian dalam pembangunan nasional di Papua. Indonesia di Papua Papua’s Enhancement Research Studies (PERS) dengan logika tersebut dapat dikatakan berposisi strategis bagi Kepolisian (POLRI), pemerintah nasional dan daerah, serta masyarakat Papua secara umum.

Usai mendengarkan sambutan dari Wakapolda Papua kemudian dilanjutkan dengan dibukanya Latihan Pra Operasi Rastra Samara Kasih Cartenz TA. 2022 yang di tandai pemukulan tifa oleh bapak Wakapolda Papua. (aps)