Upacara Taptu dan Pawai Obor Tradisi Menyambut Kemerdekaan

8
Keterangan gambar: Pasukan Gabungan TNI-Polri, Satpol-PP, Ditpam BP Batam, dan Pramuka, melakukan pawai obor tradisi setiap menyambut Hari Kemerdekaan, usai upacara Taptu di Jalan Raja Haji Fisabilillah, Dataran Engku Hamidah, Batam, Senin (16/8/2021) malam.

MetroNews.co.id, Batam – Upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan pawai obor merupakan tradisi setiap menyambut Hari Kemerdekaan. Di tingkat Kota Batam, kegiatan ini dipusatkan di Dataran Engku Hamidah, Senin (16/8/2021) malam.

Dalam kegiatan yang diikuti Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam itu berlangsung khidmat. Untuk pawai obor yang diikuti TNI-Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Direktorat Pengamanan (Ditpam) Aset Badan Pengusahaan Batam (BP) Batam, dan Pramuka tersebut, dimulai dari Dataran Engku Hamidah dan berakhir di Bundaran Madani.

Bertugas sebagai inspektur upacara yakni Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam, Letnan Kolonel (Letkol) Kav Sigit Dharma Wiryawan.

“Ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI),” kata Dandim 0316/Batam, Letkol Kav Sigit.

Kegiatan yang dilaksanakan di tengah pandemi itu, sangat menekankan penerapan protokol kesehatan. Dandim 0316/Batam, menegaskan bahwa sebelum upacara, semua personel yang terlibat dalam upacara tersebut sudah dilakukan tes swab.

“Barisan juga diatur jaraknya. Ini komitmen Forkopimda Batam, agar Covid-19 di Batam menurun,” ujarnya.

Untuk diketahui, Upacara Taptu merupakan tradisi kemiliteran yang sudah dilakukan sejak dahulu, ketika akan menjelang hari kemerdekaan. Kegiatan ini untuk mengingatkan pasukan agar dapat meningkatkan kewaspadaan di tengah tugas-tugas dan panggilan negara.

Selain Upacara Taptu dan Pawai Obor, rangkaian HUT ke-76 tingkat Kota Batam di malam yang sama, dilanjutkan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP). Kemudian, acara berlanjut Upacara Peringatan HUT ke-76 RI pada Selasa 17 Agustus 2021, di Dataran Engku Putri Batam Center, pukul 07.00.

Selanjutnya, Upacara Detik-detik Proklamasi secara virtual dari Istana Negara, Selasa 17 Agustus 2021 di aula Kantor Wali Kota Batam pukul 09.30.

Pada siangnya, Pemberian Remisi di Lapas Kelas II Batam dan Upacara Penurunan Bendera di Dataran Engku Puteri pukul 16.00. Dilanjutkan mengikuti virtual upacara penurunan bendera dari Istana Negara di aula Engku Hamidah dan Resepsi Dirgahayu Kemerdekaan RI.

SHARE